Langsung ke konten utama

Apa itu V-TEC di mesin-mesin honda?

Ternyata Begini Cara Kerja Mesin VTEC Honda


  •  
  •  
  •  
Mesin Honda VTEC (c) hondatuning
 - VTEC merupakan singkatan dari Variable Valve Timing and Lift Electronic Control, yaitu sistem variable pengontrolan katup yang dikembangkan oleh pabrikan otomotif Honda untuk mesin bensin.
Sistem VTEC ini merupakan inovasi pengontrolan katup yang pertama kali lahir oleh seorang insinyur Honda, Kajitani Ikuo.
Meskipun sebagian besar pembuat mobil di seluruh dunia telah mulai mengembangkan variable valve timing mereka sendiri, seperti Toyota dengan VVT-i, Mitsubishi dengan MiVEC, Nissan Neo-VVL, dan semacamnya.
VTEC merupakan salah satu keberhasilan besar di dunia otomotif dan menjadi merek dagang yang merupakan bagian integral dari konsumen sebagai identitas dari produk Honda.
Ilustrasi Honda VTEC
Pada awal tahun 80-an, permintaan untuk sepeda motor sport bertenaga tinggi melonjak, Honda memutuskan untuk memulai sebuah misi untuk mencoba membuat sebuah mesin yang memiliki output mesin yang tinggi serta ketahanan mesin yang baik .
Setelah studi kelayakan, Team Research and Development Honda memutuskan untuk membuat sebuah mesin yang bisa mendapat 200hp per liter serta idling mesin yang stabil.
Team Research and Development Honda menemukan bahwa mereka harus menggunakan metode untuk melawan resistensi saluran masuk udara pada putaran mesin rendah hingga menengah.
Solusi dari metode tersebut adalah REV (Revolution-modulated valve control) atau bisa juga disebut HYPER VTEC, yakni mekanisme untuk mem-pause bukaan katup.
Sistem ini memiliki tugas untuk menghentikan paksa beberapa katup bila diperlukan, untuk mengoptimalkan aliran udara dan mencapai idling mesin yang stabil, serta meningkatkan kehalusan pada putaran mesin rendah hingga menengah.
Mesin yang pertama menggunakan sistem REV ini ialah sepeda motor Honda CBR400F pada tahun 1983.
Dari teknologi REV yang digunakan pada mesin sepeda motor, Honda memutuskan untuk mengembangkan teknologi serupa VTEC untuk mobil dengan dua camshaft profile, yakni putaran mesin renda hingga menengah serta untuk menengah hingga putaran atas.
Mobil besutan Honda pertama yang menggunakan VTEC ialah 1989 JDM-spec Integra dan Civic CRX Sir, yang menggunakan mesin DOHC 160hp B16A.
VTEC mulanya dirancang untuk mesin DOHC (Double Overhead Camshaft), Variable Valve Timing dan Lift Electronic Control berperan sebagai switch antara mode menghemat bahan bakar dan mode high performace.
Hal ini dilakukan oleh valve timing yang bergerak pada kecepatan rendah dan profil cam yang kecil pada rpm mesin rendah untuk menekan konsumsi bahan bakar.
Di sisi lain, ketika mesin membutuhkan power lebih, VTEC mempercepat valve timing dan beralih ke profil cam yang lebih besar yang memungkinkan untuk membuka tutup katup lebih lama.
Peralihan dari camshaft low profile dimaksudkan untuk menekan konsumsi bahan bakar, untuk camshaft high profile dimaksudkan untuk meningkatkan daya output yang dilakukan melalui pin pengunci yang menghubungkan dua lobus camshaft independen pada kecepatan mesin tertentu.
(kpl/fdk)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2JZ-GTE inline six tersangar toyota supra

    Jika kalian mengenal Toyota Supra, mobil legendaris dari Toyota, pasti kalian tahu apa yang ada dibalik kap mesinnya. Mesin 2JZ-GTE merupakan mesin yang dipakai Supra dan beberapa mobil Toyota lainnya. Di dunia balap, dalam maupun luar negeri, mesin ini sangat terkenal meskipun faktanya mesin ini sudah tua, kira – kira 26 tahun sejak pertama kali diluncurkan, namun mengapa mesin ini masih menjadi pilihan bagi sebagian kalangan untuk menunjang kegiatan balapnya? Mari simak 15 alasan mengapa mesin ini masih bertaji! Antipeluru Blok mesin dari 2JZ-GTE sendiri sangatlah solid dan tidak serta merta asal buat. Material blok mesin yang sangat tebal membuatnya tahan menerima ledakan tenaga dari piston yang sudah dimodifikasi hingga 1.000 hp sekalipun. Atas dasar itu mesin ini dapat kita sebut sebagai mesin yang ‘antipeluru’. Mudah membuatnya menjadi 700 hp Mesin ini ternyata mudah sekali untuk dipaksa mengeluarkan 700 hp dari kedua rodanya. Meskipun standar pabrikan merekome

cara kerja turbocharger

TURBOCHARGER  mungkin kita sering mendengar istilah tersebut untuk kendaraan Diesel meskipun sebenarnya Turbocharger dapat di aplikasikan tidak hanya di mesin diesel saja, tetapi kenapa sampai saat ini Turbo Charger banyak digunakan hanya di Mesin diesel saja?? Nah itu yang akan kita bahas lebih dalam, Apa dan bagai mana serta cara kerja Trubo Charger. Turbo Charger sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sebuah kompresor pada umumnya yang merupakan alat mekanik yang berfungsi meningkatkan tekanan fluida mampu mampat. Jika dalam pelajaran Mekanikan fluida dan rekayasa mekanika Teknik Mesin alat ini secara prinsip kerja sama dengan  Pompa  untuk merubah tekanan agar fluida dapat berpindah dari tekanan tinggi ke tekanan rendah, akan tetapi perbedaannya pada Fluida yang di pindahkan berbeda, untuk pompa mengalirkan Fluida berupa cairan sedangkan kompresor untuk memindahkan fluida berupa gas. Definisi TurboCharger Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari