Langsung ke konten utama

cara kerja turbocharger

TURBOCHARGER mungkin kita sering mendengar istilah tersebut untuk kendaraan Diesel meskipun sebenarnya Turbocharger dapat di aplikasikan tidak hanya di mesin diesel saja, tetapi kenapa sampai saat ini Turbo Charger banyak digunakan hanya di Mesin diesel saja?? Nah itu yang akan kita bahas lebih dalam, Apa dan bagai mana serta cara kerja Trubo Charger.
Turbo Charger sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sebuah kompresor pada umumnya yang merupakan alat mekanik yang berfungsi meningkatkan tekanan fluida mampu mampat. Jika dalam pelajaran Mekanikan fluida dan rekayasa mekanika Teknik Mesin alat ini secara prinsip kerja sama dengan Pompa untuk merubah tekanan agar fluida dapat berpindah dari tekanan tinggi ke tekanan rendah, akan tetapi perbedaannya pada Fluida yang di pindahkan berbeda, untuk pompa mengalirkan Fluida berupa cairan sedangkan kompresor untuk memindahkan fluida berupa gas.

Definisi TurboCharger
Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari turbin yang sumber tenaganya berasal dari asap gas buang kendaraan. Biasanya digunakan di mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan keluaran tenaga dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang memasuki mesin. 

Q: Lalu mengapa Turbocharger tidak diterapkan di Mesin dengan berbahan bakar bensin?
A: Karena mesin bensin memiliki rasio putaran yang tinggi oleh karena itu untuk menggunakan turbocharger  rasio kompresi harus direndahkan (agar tidak melewat tekanan kompresi maksimum dan untuk mencegah knocking mesin) yang menurunkan efisiensi mesin ketika beroperasi pada tenaga rendah dan itu merupakan sebuah kerugian di mesin bensin.
Sedangkan kerugian ini tidak ada dalam mesin diesel diturbocharge yang dirancang khusus. Namun, untuk operasi pada ketinggian, pendapatan tenaga dari sebuah turbocharger membuat perbedaan yang jauh dengan keluaran tenaga total dari kedua jenis mesin.

Cara kerja Turbocharger
Gas buang dari mesin mengalir menuju ke pembuangan (muffler) dialihkan menuju sebuah turbin dengan tujuan untuk memutar sudu / baling - baling  turbin yang di hubungkan dengan shaft / poros kompresor.  Kompresor berfungsi menghisap udara dari luar dan meningkatkan tekanan udara kemudian di alirkan menuju intake manifold sehingga udara dalam ruang pembakaran menjadi bertekanan tinggi sehingga kadar udara yang masuki dalam ruang silinder menjadi lebih besar dan daya meningkat.
Seringkali mesin bekerja melebihi kapasitas sehingga kemungkinan terjadi kelebihan kompresi udara oleh karena itu turbocharger di lengkapi dengan pengatur level udara yang masuk.

Jadi pada intinya Turbocharger adalah sebuah instrumen untuk memaksa udara masuk lebih banyak kedalam ruang bakar sehingga daya yang dihasilkan menjadi lebih besar, lebih jelasnya lihat gambar.

CARA KERJA TURBOCHARGER PADA KENDARAAN

Keuntungan Turbocharger:
1. Responsif
2. Ekonomis Bahan Bakar
3. Ramah lingkungan
4. Fun (menyenangkan)

Kekurangan Turbocharger
1. Membutuhkan perawatan ekstra terutama pelumasan
2. Menambah berat kendaraan
3. Boros Oli

Kesimpulan : Turbocharger sangat menguntungkan

Tips Perawatan Turbocharger
  • Service secara rutin
  • Menggunakan oli yang direkomendasi 
  • Pilih bengkel yang benar-benar ahli dalam perawatan turbo
  • Periksa setiap kebocoran oli, suara-suara aneh dan getaran yang tidak wajar.
  • Power kurang, suara keras, asap biru atau hitam, kemungkinan mengindikasikan masalah pada mesin, bukan turbo.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu V-TEC di mesin-mesin honda?

Ternyata Begini Cara Kerja Mesin VTEC Honda       Mesin Honda VTEC (c) hondatuning  - VTEC merupakan singkatan dari Variable Valve Timing and Lift Electronic Control, yaitu sistem variable pengontrolan katup yang dikembangkan oleh pabrikan otomotif Honda untuk mesin bensin. Sistem VTEC ini merupakan inovasi pengontrolan katup yang pertama kali lahir oleh seorang insinyur Honda, Kajitani Ikuo. Meskipun sebagian besar pembuat mobil di seluruh dunia telah mulai mengembangkan variable valve timing mereka sendiri, seperti Toyota dengan VVT-i, Mitsubishi dengan MiVEC, Nissan Neo-VVL, dan semacamnya. VTEC merupakan salah satu keberhasilan besar di dunia otomotif dan menjadi merek dagang yang merupakan bagian integral dari konsumen sebagai identitas dari produk Honda. Ilustrasi Honda VTEC Pada awal tahun 80-an, permintaan untuk sepeda motor sport bertenaga tinggi melonjak, Honda memutuskan untuk memulai sebuah misi untuk mencoba membuat sebuah mesin yang memilik

2JZ-GTE inline six tersangar toyota supra

    Jika kalian mengenal Toyota Supra, mobil legendaris dari Toyota, pasti kalian tahu apa yang ada dibalik kap mesinnya. Mesin 2JZ-GTE merupakan mesin yang dipakai Supra dan beberapa mobil Toyota lainnya. Di dunia balap, dalam maupun luar negeri, mesin ini sangat terkenal meskipun faktanya mesin ini sudah tua, kira – kira 26 tahun sejak pertama kali diluncurkan, namun mengapa mesin ini masih menjadi pilihan bagi sebagian kalangan untuk menunjang kegiatan balapnya? Mari simak 15 alasan mengapa mesin ini masih bertaji! Antipeluru Blok mesin dari 2JZ-GTE sendiri sangatlah solid dan tidak serta merta asal buat. Material blok mesin yang sangat tebal membuatnya tahan menerima ledakan tenaga dari piston yang sudah dimodifikasi hingga 1.000 hp sekalipun. Atas dasar itu mesin ini dapat kita sebut sebagai mesin yang ‘antipeluru’. Mudah membuatnya menjadi 700 hp Mesin ini ternyata mudah sekali untuk dipaksa mengeluarkan 700 hp dari kedua rodanya. Meskipun standar pabrikan merekome